Wednesday, November 7, 2012

TV china tidak bisa menerima siaran.

Gejala
pada awalnya kondisi televisi mati total. setelah di lakukan pengecekan di temukan transistor horisontal short,kemudian dilakukan penggantian, akhirnya tv tersebut normal.
masalah baru timbul ketika kabel  ground CRT yang terhubung  kit PCB matrik tabung gambar terlepas/tidak tersambung baik .ketika dimatikan timbul suara klik, coba di hidupkan kembali tv sudah tidak dapat menerima siaran di semua kanal.namun menu (OSD ) masih bisa tampil

langkah kerja.


  • pertama saya memperkirakan masalah di IC matrik LA 76818A  dan tuner.
  • lakukan pengecekan di di tuner. dari terminal  BM tuner terdeteksi normal 5 volt. pada sistim tuning penala mampu  melakukan auto search dengan variasi tegangan 0 - 30 volt.
  • pengecekan di fokuskan pada ic matrik cek tegangan di sistim IF terdeteksi normal baik tegangan supply 5 v dan 12 v. 
  • Akhirnya pengecekan di fokuskan pada sistim IF, pada IF tuner output di kuatkan oleh transistor NPN  seri RC 1074 mengalami short .setelah di lakukan penggantian tv bisa menerima siaran kembali.saya menduga polarisasi tegangan tinggi FBT menginduksi tegangan  5 volt ini lebih tinggi dari nilainya sehingga mengakibatkan transistor menjadi short.
  • Kesimpulanya hati hatilah terhadap koneksi kabel ground CRT.bila koneksi tidak baik bisa mengakibatkan kerusakan fatal.  

No comments:

Post a Comment

silakan sisipkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.