Sunday, June 19, 2011

TV LG 21ca82v kondisi mati total

Gejala
tv mati total. lampu led tidak menyala

Analisa
kerusakan pada sistim power supply.

Langkah kerja
1.pengukuran pada transistor horisontal TT2140 di temukan dalam kondisi short.kemudian setelah dicopot,tv dinyalakan kondisi acmatic output ok tegangan +B 110 v terdeteksi normal.
2. ketika di pasang transistor baru,begitu di on kan transistor langsung terbakar.
3.analisa di lanjutkan ke defleksi yoke kemungkinan terbakar, ternyata komponen tersebut dalam kondisi normal.
4.analisa dilanjutkan ke Capasitor tegangan tinggi di bagaian horisontal denagan nilai  682/2KV secara visual ok. untuk meyakinkan kondsi sebenarnya akhirnya di lakukan serangkaian uji coba jalur FBT yang masuk ke TR horisontal di putus kemudian di seri dengan bohlam 100watt. ketika dilakukan cek pada jalur screen FBT tidak mengeluarkan tegangan.akhirnya di simpulkan FBT mengalami kerusakan ,langkah selanjutnya FBT di ganti .tv kembali normal.
5.hati hati melakukan analisa ini karena fbt yang kita beli ternyata di ukur manual  menggunakan multi tester terdeteksi normal begitu di terapkan ternyata konslet.

6 comments:

  1. mas numpang tanya ya,mesin tv huijia 29 inch fbt nya rusak(fbt=JY0301-0302)di jambi gk ada jual,kalo di ganti dgn fbt tv 21 bsc 25-T1010A bisa gk mas?saya liat data pinnya sama persis.trimakasih mas.

    ReplyDelete
  2. untuk aplikasi dari FBT 21 " ke 29 " agak beresiko karena arus tegangan tinggi di 29" lebih besar. yah .. coba saja mas .. sambil di control suhu di body FBT jika di gunakan agak lama, kalau disipasi panasnya terlalu tinggi di pastikan FBT tak kuat di gunakan di main board tv hujia tersebut.

    ReplyDelete
  3. selamat siang,,mas tv saya LG Flatron 21'' jg tapi sudah 2 hari ini tidak bisa dinyalakan normal, setiap saya nyalakan memang normal tapi sekitar 2 menitan tv gambarnya jadi 1/4 nya dari layar dan gambarnya mengecil jadi tidak ada warnanya,ini kira2 apanya ya...?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan pertama defleksi yoke atau FBT bermasalah .kemungkinan lain VCC 110 Volt droup bisa di sebabkan elco 100Uf /160v bocor.

      Delete
    2. saya punya tv lg 29 Mati total, pecah bagian layarnya

      Delete
  4. maksih infonya mas tetang matot tv LG nya, jadi untuk menghindari agar jgn koslet gimana mas sebelum menerapkannya?

    ReplyDelete

silakan sisipkan komentar anda untuk kemajuan blog ini.